Source: http://amronbadriza.blogspot.com/2012/05/cara-membuat-tab-view-di-blog.html#ixzz2EU7pdnWj
Diberdayakan oleh Blogger.

Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan Jantung


Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan Jantung

 – Kami yakin, sebagian besar dari Sobat gowes sudah banyak yang tau soal manfaat bersepeda bagi kesehatan. Sudah banyak diulas di berbagai media, kami pun secara berulang menekankan efek positif bersepeda bagi kesehatan tubuh melalui situs ini.
Bersepeda merupakan bagian latihan kardiovaskular yang dikenal rendah resiko dibanding lari misalnya. Tidak hanya membakar kalori dalam tubuh kita, penelitian yang dilansir dalam majalah bersepeda ‘ridebike’ menyebutkan bahwa sebuah hasil penelitian dari british Medical Association menyatakan bahwa dengan bersepeda dengan jarak tempuh 35 kilometer dalam kurun waktu satu minggu dapat menurunkan resiko penyakit jantung hingga 50%.

Untuk mendapatkan manfaat optimal dari aktivitas bersepeda ini, khususnya bagi kesehatan jantung, ada beberapa hal yang perlu kita jalani. Apa saja? misalnya pemilihan trek, kondisi dan aktivitas fisik sebelum dan setelah gowes, cadence/kecepatan optimum gowes.
Bagi yang mengidap penyakit jantung, pemilihan trek road bike/bersepeda jalan raya sangat disarankan, jika tidak memiliki banyak waktu melakukan aktivitas outdoor, penggunaan sepeda statis indoor juga cukup baik. Bagi Anda dengan resiko ini, pemilihan jenis trek Extreme XC maupun DH sangat tidak disarankan dengan alasan, aktivitas bersepeda ini justru akan memicu adrenaline, dan memaksa jantung justru bekerja lebih keras.
Aktivitas sebelum dan sesudah bersepeda pun penting untuk diperhatikan guna mendapatkan manfaat optimal bersepeda bagi kesehatan jantung. Seperti, melakukan pemanasan sebelum manjalani aktivitas utama bersepeda. Tentu tidak hanya untuk bersepeda saja, semua jenis olah raga perlu didahului dengan pemanasan.
Selain untuk mengurangi resiko cidera, dengan pemanasan yang benar otot-otot bawah seperti otot bagian pinggang, paha dan betis menjadi regang.
Kemudian, ketika mengawali aktivitas bersepeda, lakukan kayuhan pembuka dengan kecepatan rendah selama 5-10 menit. Tahap ini merupakan bentuk adaptasi kerja jantung Anda. Dengan begitu dikatakan dapat membantu jantung agar tetap stabil dan stamina tetap terjaga.
Cadence atau kecepatan putaran pedaling pun patut diperhatikan, dengan cadence 70 putaran per menit dan dengan kecepatan 27 km/jam dianjurkan untuk mendapatkan efek optimal manfaat bersepeda bagi kesehatan jantung. Dengan menjaga cadence dan kecepatan tersebut Anda akan memperoleh terapi yang baik untuk jantung sehat.
Saat hendak mengakhiri aktivitas gowes pun patut diperhatikan ritmenya, saat hendak memperlambat laju sepeda, berhentilah secara perlahan dan tidak mendadak. Lakukanlan pendinginan dengan melakukan kayuhan / pedaling perlahan kurang lebih sepuluh menit.
Oiya sebagai penutup, aktivitas bersepeda tersebut, catatan penting lainnya adalah pastikan bahwa selain aktivitas fisik olahraga yang Anda jalani perhatikan pula asupan gizi atau makanan yang Sobat konsumsi. Akan menjadi kontra produktif jika pola dan jenis makanan Sobat masih ‘berisiko tiggi’ terhadap kesehatan tubuh, hingga manfaat bersepeda bagi kesehatan jantung justru tidak tercapai secara optimal.

5 komentar:

  1. Salam Kenal ya...

    Info yang menarik nie..... kalau boleh tau, kapan waktu ya yang tepat buat melakukan olahraga bersepada? dan ada g baju senam khusus yang harus digunakan?

    Thnks ya... & sukses selalu.... :)

    BalasHapus
  2. kapan saja insya Allah baik untuk kesehatan
    ya udah ta lihat baju senamnya ada ga baju senam muslim nya

    BalasHapus
  3. terimakasih atas artikelnya, artikelnya bagus dan sangat bermanfaat.

    BalasHapus


  4. wow,, mantap bener artikelnya gan. thanks ya.. sangat bermanfaat..

    BalasHapus
  5. mantap gan, artikel yang bagus.
    alangkah indahnya bersepeda melintasi alam.
    kunjungi kami.
    bersepeda lintas alam sumatra barat
    terima kasih

    BalasHapus

  © Blogger templates addiinradio by Ourblogtemplates.com 2008

Kembali ke Atas